Nama selebgram Ayu Puspa Anggraeni Putri atau yang akrab dipanggil Puspa tengah menjadi sorotan. Video Kim Seon Ho Smile Challenge yang diunggah Puspa pada akun Instagram @hallopuspa telah ditonton lebih dari 70 juta kali dan mendapat suka 3 juta lebih.
Perempuan kelahiran Surabaya, 15 November 1994, ini menceritakan kisah di balik pembuatan video Kim Seon Ho Smile Challenge. Video tersebut diambil pada 20 April 2025 di toko Nanas_Id, Jalan Tukad Barito, Denpasar, Bali.
Di lokasi tersebut, Puspa menjual produk kebaya bali yang diberi nama Klambibali. Saat itu merupakan hari terakhir Puspa mengikuti event.
Puspa menyebut saat itu ada pelanggan yang mengajak anak dan istri ke event tersebut. Namun, si anak rewel dan Puspa mencoba menghibur dengan mengajak bermain.
“Puspa nggak tahu kalau waktu ngajak main anak sama bapaknya itu di-record sama suami, Putu (Bahagiana). Jadi, kejadiannya alami,” cerita Puspa saat dihubungi infoBali, Rabu (30/4/2025).
Puspa menyebut saat memeragakan Kim Seon Ho Smile Challenge sangat alami. Tidak ada skenario di awal.
“Sebenarnya nggak ada ide sama sekali, pure alami kayak spontan saja. Tanpa skenario dan hanya one take (saat direkam Putu Bahagiana),” akunya.
Puspa kaget dan tak menyangka kontennya viral hingga ditonton puluhan juta kali. Sebab, awalnya dia berpikir konten tersebut hanya FYP dengan penonton berkisar 1 juta atau 2 juta saja.
Meskipun terkejut dan merasa tak menyangka, Puspa sangat berterima kasih kepada teman dan artis-artis lain yang menandai atau mengunggah ulang videonya di sosial media. Seperti yang dilakukan Sujiwo Tejo hingga Project Pop.
“Intinya senang dan tidak menyangka akan se-viral ini. Terima kasih buat mereka semuanya yang sudah nge-repost video Puspa atau ngestitch video mereka. Kalau mereka nggak repost video Puspa atau ngestitch video Puspa, mungkin Puspa gak akan seviral ini juga. Jadi, Puspa berterima kasih sama semuanya,” jelasnya.
Ramai di Luar Negeri
Puspa menjelaskan respons positif tak hanya berasal dari netizen Indonesia. Namun, banyak netizen luar negeri seperti Myanmar, Thailand, China, Korea, Vietnam, Hong Kong, Malaysia, dan Filipina yang ramai menandai @hallopuspa di sosial media.
“Banyak, sampai Puspa nggak bisa lihat notif. HP-nya Puspa juga sampai panas kemarin gara-gara notifnya masuk terus,” jelas perempuan yang memiliki bisnis di bidang skincare dan herbal ini.
Tak hanya itu, Puspa juga mendapat banyak direct message (DM) di sosial media. Bahkan setelah viral, jumlah pengikut di sosial media bertambah dari 874 ribu menjadi 1,4 juta.
“Terus banyak tawaran dari TV juga yang masuk, cuma masih menyesuaikan sama tanggal. Terus konten kreator yang di Jakarta juga beberapa ngundang juga,” ungkapnya.