Gus Par Wanti-wanti PDAM Karangasem Tingkatkan Kualitas Layanan

Posted on

Bupati Karangasem, I Gusti Putu Parwata (Gus Par), meminta perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Permintaan itu disampaikan Gus Par saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Tohlangkir atau PDAM Karangasem ke-49, Minggu (29/6/2025).

“Komitmen saya kepada masyarakat, bagaimana caranya meningkatkan pelayanan air bersih kepada seluruh pelanggan yang ada di Kabupaten Karangasem,” kata Gus Par saat memberikan sambutan dalam acara perayaan HUT PDAM Karangasem di Taman Jagath Karana, Minggu (29/6/2025).

Oleh sebab itu, Gus Par meminta kepada PDAM Karangasem agar terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan. Jika ada sambungan yang rusak, segera diperbaiki supaya pelanggaran tidak mengeluh karena air mati. Gus Par juga meminta debit air kecil yang menjangkau wilayah tertentu segera dicarikan solusi.

“Jika pelayanan sudah maksimal dan air mengalir dengan lancar, otomatis masyarakat atau pelanggan agar merasa puas. Itulah yang menjadi komitmen saya sejak awal karena air merupakan kebutuhan utama dari masyarakat,” ujar Gus Par.

Dirut PDAM Karangasem, I Komang Haryadi Parwata, mengatakan target perusahaan yang dipimpinnya saat ini adalah melakukan pengembangan air Telaga Waja agar pendistribusiannya bisa sampai Kecamatan Kubu. Mengingat, Kecamatan Kubu selama ini cukup sulit untuk dijangkau air bersih.

“Selain itu, kami juga akan melakukan pengembangan ke wilayah Rendang. Sehingga, untuk ke depannya, makin banyak masyarakat yang terjangkau air bersih di Karangasem,” ucap Parwata.

Selain itu, PDAM Karangasem juga sedang berupaya mencari sumber mata air baru untuk dapat menambah debit air ke beberapa wilayah di Karangasem. Sehingga, makin banyak masyarakat atau pelanggan yang bisa terjangkau air bersih.

“Kami sudah lakukan komunikasi supaya debit air bisa bertambah sehingga air bisa mengalir dengan lancar ke pelanggan,” ujar Parwata.

Parwata berharap beberapa rencana tersebut bisa direalisasikan pada 2026. Sehingga, kualitas layanan dari PDAM Karangasem kepada seluruh pelanggan bisa maksimal sesuai dengan arahan Gus Par.