Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk di perairan Selat Bali, Rabu (2/7/2025) malam. Tragedi tersebut diduga kapal mengalami kebocoran di ruang mesin.
Diketahui, KMP Tunu Pratama Jaya tenggelam setelah 15 tahun berlayar. Kapal ini dibuat di Galangan Kalimas, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 2010. Namun, struktur fisik kapalnya diduga berusia 25 tahun.
Lantas, berapa batas umur kapal laut tetap bisa berlayar? Simak penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.
Batasan Usia Kapal Laut
Merujuk pada sejumlah Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2022 yang mengatur kelaiklautan kapal dan standar teknis, sebenarnya tidak disebutkan secara spesifik batasan usia kapal yang boleh beroperasi.
Penekanan regulasi lebih tertuju pada aspek kelaikan operasional dan pemeliharaan kapal secara berkala.
Syarat Kelaikan Kapal
Berikut beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi beberapa jenis kapal agar dinyatakan laik beroperasi:
Kapal Penumpang
Kapal yang menampung penumpang memiliki sertifikasi yang ketat, antara lain stabilitas kapal, sistem keselamatan jiwa (sekoci, rakit penolong, dan pelampung), sistem pemadam kebakaran, serta kondisi struktur lambung dan permesinan. Operasi kapal ini tidak dibatasi usia, tapi untuk kapal yang usianya lebih tua memerlukan pengawasan dan perawatan yang lebih ketat untuk memastikan setiap komponen masih bisa berfungsi dengan aman.
Kapal Tanker
Kapal tanker biasanya membawa cairan seperti minyak, gas, dan bahan kimia dengan jumlah yang besar, sehingga mempunyai standar lingkungan dan keselamatan yang sangat tinggi karena risiko kecelakaan dan pencemarannya juga tinggi. Hal utama yang perlu diperhatikan antara lain persyaratan lambung ganda (double hull) untuk mencegah tumpahan.
Pemeliharaan kapal tanker jauh lebih tinggi dan mungkin sulit memenuhi standar emisi atau konstruksi terbaru. Banyak perusahaan memiliki kebijakan untuk tidak menggunakan kapal tanker di atas usia tertentu (misalnya 15-20 tahun) karena pertimbangan risiko dan premi asuransi yang lebih tinggi.
Kapal Pelni
Sama seperti kapal penumpang, kapal Pelni harus memiliki kepemilikan sertifikat kelaiklautan yang sah. Perbaikan dan perawatan yang rutin dilakukan sesuai standar yang berlaku agar kapal yang sudah berumur dapat terus beroperasi dengan aman.
Kapal Pesiar
Kapal ini memiliki standar keselamatan internasional tertinggi karena dirancang khusus untuk rekreasi dan bisa membawa ribuan penumpang dan kru. Agar tetap menarik dan nyaman, kapal pesiar yang menua akan direnovasi besar-besaran. Keputusan untuk memensiunkan kapal pesiar yang sudah tua sangat dipengaruhi oleh faktor komersial.