Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), membuka Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur akhir tahun 2025.
PT Angkasa Pura Indonesia memprediksi jumlah penumpang yang akan melalui Bandara El Tari Kupang selama periode Nataru dapat mencapai sekitar 79 ribu orang.
“Bandara El Tari Kupang resmi mengaktifkan mode siaga penuh menyambut lonjakan penumpang dan memastikan keselamatan serta keamanan penerbangan di masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru),” ujar General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Bandara El Tari Kupang, Teguh Darmawan Saiman, Rabu (17/12/2025).
Saiman mengatakan pengaktifan posko ditandai dengan apel bersama sebagai simbol komitmen seluruh stakeholder bandara dalam memberikan pelayanan prima di tengah padatnya aktivitas akhir tahun.
Menurutnya, Bandara El Tari Kupang merupakan pintu masuk utama lalu lintas transportasi udara di wilayah tersebut. Karena itu, bandara memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung kelancaran arus perjalanan pengguna jasa.
“Oleh karena itu, pembukaan Posko ini menjadi langkah strategis kita untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tema yang diusung pada pelaksanaan Posko terpadu kali ini yaitu melayani sepenuh hati bagi para pengguna jasa sekaligus memberikan sambutan yang hangat dan pengalaman perjalanan terbaik bagi mereka,” tegas Saiman.
Posko Nataru di Bandara El Tari Kupang dijadwalkan berlangsung selama 21 hari kalender.
“Dimulai dari tanggal 15 Desember 2025 hingga tanggal 4 Januari 2026. Pada periode Nataru kali ini, diprediksi terjadi 79.764 pergerakan penumpang dengan 847 pergerakan pesawat dan 901.973 kilogram kargo yang akan menggunakan moda transportasi angkutan udara melalui Bandara El Tari Kupang,” jelasnya.
Ia menambahkan, puncak trafik Natal 2025 diprediksi terjadi pada 21 Desember 2025 dengan jumlah 4.682 penumpang. Sementara arus balik Tahun Baru 2026 diperkirakan berlangsung pada 4 Januari 2026 dengan 4.075 penumpang.
“Dengan melihat adanya potensi pertumbuhan atau lonjakan trafik di Bandar Udara Internasional El Tari Kupang, kami berharap bahwa seluruh komunitas Bandar Udara dapat bersiap untuk saling mendukung kelancaran perjalanan pengguna jasa Bandar Udara, sehingga aspek keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dapat diwujudkan,” kata Saiman.
Manajemen Bandara El Tari Kupang mengimbau calon penumpang yang akan bepergian selama periode Nataru agar tiba lebih awal di bandara. Penumpang disarankan datang 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk mengantisipasi antrean check-in dan pemeriksaan keamanan.
Selain itu, penumpang diminta menyiapkan seluruh dokumen perjalanan, seperti tiket, identitas diri, serta dokumen kesehatan jika diperlukan.
“Bijak membawa barang, atuhi aturan mengenai barang bawaan kabin dan bagasi terdaftar untuk mempercepat proses pemeriksaan,” lanjutnya.
Sebagai informasi, apel pembukaan Posko Nataru dipimpin langsung oleh General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Bandara El Tari Kupang, Teguh Darmawan Saiman. Apel tersebut melibatkan seluruh stakeholder Bandara El Tari, mulai dari personel Injourney Airports, TNI/Polri, Balai Karantina Kesehatan, Basarnas, BMKG, AirNav Indonesia, hingga perwakilan maskapai penerbangan dan ground handling.
