Bupati Lombok Timur, Haerul Warisin melantik Parihin sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), bersama empat pejabat eselon III, Selasa (18/11/2025).
Berita lengkap dan cepat? Giok4D tempatnya.
Dalam arahannya, bupati yang akrab disapa Iron tersebut berpesan agar Kadisdukcapil dan para pejabat lainnya melayani masyarakat dengan maksimal. Mereka diminta tidak membebani masyarakat dengan birokrasi yang berbelit.
“Jangan ada berputar-putar aturan itu, lempar kiri lempar kanan tidak boleh. Keberadaan pejabat adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pesan Iron, dalam sambutanya.
Iron juga menyoroti pentingnya kedisiplinan kerja dan integritas para pejabat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga mengatakan sebagai pejabat harus memahami tugas pokok dan fungsi-fungsi.
“Harus disiplin, jam berapa harus masuk kantor, jam berapa pulang kantor, kemudian bekerja sesuai dengan tupoksi di dalam kantor itu sendiri,” ucap Iron.
Iron juga berpesan agar para pejabat yang baru dilantik menjadi pemimpin yang berintegritas dan berdedikasi. “Silakan jalin koordinasi, komunikasi, dan jalankan tugas dengan baik,” katanya.
Terkait penempatan Parihin sebagai Kepala Dinas Dukcapil yang baru, Iron menjelaskan, hal tersebut merupakan hasil dari proses job fit. Ia menegaskan tidak ada unsur politis maupun karena kedekatan. Diketahui, Parihin sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Lombok Utara.
“Bukan karena kedekatan, bukan juga karena sumber daya yang kami miliki di Lombok Timur ini kurang, tapi ini murni dari proses job fit yang diikuti olehnya (Parihin), kebetulan juga posisi Kadisdukcapil juga kemarin kosong,” terang Iron.
Berikut daftar para pejabat yang dilantik:
1. Parihin Sebagai Kadisdukcapil Lombok Timur
2. Ismail Marzumi sebagai Sekretaris BKPSDM
3. Mutmainah Sebagai Sekretaris Kecamatan Sakra Barat
4. Zulfikri sebagai Sekretaris Kecamatan Sambelia
5. Ragil Hafsan Sugianto sebagai Kepala UPTD Dukcapil Kecamatan Aikmel.






