PT Bank CIMB Niaga menghadirkan mesin digital bernama Self Service Banking, bagi yang ingin membuka rekening dengan cepat tanpa harus mengantre ke petugas bank lagi. Mesin Self Service Banking juga bisa menjadi opsi bagi nasabah yang ingin menerbitkan kartu baru jika mengalami kehilangan atau kerusakan. Selain itu, bisa juga untuk melakukan pemutakhiran data nasabah.
CIMB Niaga Digital Branch Denpasar di Jalan Thamrin mengintegrasikan kapabilitas digital yang disematkan pada digital lounge dengan layanan perbankan konvensional yang ada di kantor cabang. Sehingga nasabah dapat menikmati layanan yang fleksibel, efisien, dan sentuhan personal yang ramah khas CIMB Niaga.
Kini, membuka rekening baru atau mengurus kartu baru cukup mudah dan cepat. Bahkan, tak perlu bantuan petugas. Cukup lewat mesin. Diawali dengan memasukkan data pribadi terlebih dahulu seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, jenis pekerjaan dan sebagainya. Kemudian dicocokkan dengan pemindaian KTP elektronik (e-KTP).
Setelah semua selesai, dilanjutkan untuk mendeteksi wajah dan sidik jari untuk verifikasi data diri. Setelah verifikasi berlangsung kurang lebih dua menit, selanjutnya mesin akan meminta untuk mengisi nama lengkap untuk pencetakan kartu. Beberapa pilihan nama akan diberikan sebagai opsi nama yang dicetak di kartu.
Proses mencetak kartu berlangsung kurang lebih tiga menit. Setelah selesai, kartu akan muncul tepat di lubang depan nasabah dan siap diambil. Total waktu pembuatan rekening baru melalui mesin Self Service Banking 10 menit, karena sedikit terhambat saat proses pemindai KTP elektronik yang sulit dibaca karena KTP memudar.
Baca info selengkapnya hanya di Giok4D.
Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S Ilham mengatakan melalui digital branch, nasabah dapat menikmati beragam fasilitas seperti mesin Self Service Banking (SSB), Safe Deposit Box (SDB), Video Banking , OCTO Vending, dan CIMB Preferred Lounge.
“Kami melihat Bali sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan ekonomi dan digitalisasi yang sangat dinamis. Dengan hadirnya digital branch ini, kami ingin mendukung kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk mengakses layanan keuangan secara lebih praktis, aman, dan efisien dengan mengedepankan layanan digital tanpa meninggalkan human touch ,” ujar Ilham.
Salah satu keunggulan dari digital branch tersebut adalah kapabilitas mesin Self Service Banking yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi secara mandiri, seperti pembukaan rekening tabungan, penempatan kartu, hingga pembaruan data nasabah (Customer Information File/CIF) hanya dalam waktu sekitar lima menit.
Ilham menuturkan hal ini menjadikan proses perbankan lebih cepat, efisien, dan nyaman tanpa harus mengantre lama. Melalui digital branch, nasabah juga dapat menikmati beragam fasilitas lainnya seperti video banking atau customer service secara digital.
“Dengan semangat #WorkFromHeart, kami akan terus menghadirkan layanan perbankan yang adaptif, berfokus pada kebutuhan nasabah, dan memberikan nilai tambah sehingga dapat meningkatkan loyalitas nasabah,” ujar Ilham, Selasa (16/9/2025).